Skip to main content

15 Keterampilan Manajemen Waktu yang harus kamu kuasain sebelum Umur 30 tahun


Kamu udah ngerasa punya manajemen waktu yang baik atau belum? Manajemen Waktu itu sangat penting perannya buat menudukung segala aktivitas agar dilakuin secara efektif dan efisien dan goalnya adalah produktivitas yang mampu kita hasilin dari serangkaian aktivitas yang terencana dengan baik dari sebuah Manajemen Waktu.

Apalagi buat yang masih di usia 20 tahunan kayak aku gini dan belum bisa terapin dengan baik bakal bikin diri kita sendiri rugi di masa depan. Sayang banget kan kalo di akhir usia 20 tahunan dan menginjak ke 30 tahun kita tetep gabisa terrapin Manajemen Waktu dengan baik. 

Dilansir dari careercontesa.com, berikut ini 15 Keterampilan Manajemen Waktu yang bikin kamu ngga bakal nyesel di masa depan :

1. Tetap dalam jalur
Bikin jadwal harian yang buat segala aktivitas kamu teratur dan terencana dengan baik. Konsisten buat selalu ada dalam jalur jadwal kamu.

2. Back to Basics
Balik lagi nih ke dasar rencana kamu kira-kira ada ngga yang jadi prioritas utama, nah buat yang jadi prioritas itu ada di list teratas kamu biar apa yang kamu prioritasin itu berhasil.

3. Selesaikan tugas yang berat terlebih dulu 
Intensitas kesulitan setiap aktivitas itu beda-beda pastinya. Beda kalo kita lagi ujian yang punya kunci selesaikan yang paling mudah terlebih dahulu, inget ya itu ngga berlaku buat aktivitas harian kita.

4. Minimalisir segala gangguan 
Salah satu contohnya ada aktivitas mengecek email, buat jadwal khusus buat satu aktivitas ini.

5. Kelola kotak masuk kamu
Cara yang mudah adalah dengan membuat label dan sistem pengarsipan biar tahu mana yang  penting dan mana yang ngga terlalu penting.

6. Praktek pengendalian diri 
Ini penting buat kamu yang keranjingan sosmed, hindari memeriksa sosmed disaat kamu dalam track aktivitas kamu yang bakal bikin kamu justru menunda-nunda.

7. Recycle limbah “tidak ada kesempatan
Guna
in downtime buat cara untuk mengejar hal lain atau rencana diluar planning kamu atau bahkan sekedar gunain sosmed.

8. Tetapkan tenggat waktu sendiri 
Jadwalkan setiap fase dari proyek yang dibuat dan patuhi dengan baik.

9. Menetapkan kendala waktu 
Kadang meskipun aktivitas udah direncanakan sedemikian rupa, ada beberapa aktivitas yang waktu selesainya diluar dugaan, buat antisipasi ini buat aktivitas kosong kamu buat gantiin jadwal aktivitas berikutnya, ini bakal bikin kamu tetap fokus.

10. Prioritaskan waktu luang kamu
Cantumkan aktivitas yang penting bagi
kamu diluar jadwal, sehingga kamu bisa mendedikasikan waktu untuk aktivitas tersebut.

11. Tidur cukup setiap malam
Di usia 20 tahunan butuh sekitar 7 sampai 8 jam waktu tidur. Gunain dengan baik!

12. Selalu Bangun Pagi
Manfaat bangun pagi begitu banyak buat tubuh kamu. Manfaatin dengan baik!

13. Gunakan kalender 
Kalender hari ini disinkronkan dengan smartphone kamu, jadi bakal selalu bersama kamu meskipun kamu lagi dalam perjalanan.

14. Rencanakan yang tidak direncanakan 
Sama seperti poin 7, rencanakan beberapa downtime untuk diri kamu sendiri jika sewaktu-waktu ada aktivitas yang ternyata free.

15. Meminta bantuan
Kalo udah begitu capek ataupun stress, cobalah buat minta bantuan atau sekedar cerita ke orang yang kita percaya buat bantuin atau sekedar kasih saran. Ini penting buat menghindari stress dan kelelahan dari aktivitas super padat kamu.

Itu dia 15 jurus yang bikin hari kamu selalu produktif, kamu bakal bangun dengan semangat dan tidur dengan senyuman!

SEMANGAT !!

_a.d.a_ 

Comments

Popular posts from this blog

Happy Batik Day

source: http://www.pinterest.com/jojomiro/batik-et-peinture-sur-soie/ Teruslah menjadi warisan budaya yang tak pernah lekang oleh zaman.. Aku bangga Batik Indonesia _a.d.a_

Cerita Kota Kelahiran: PURWOKERTO Part #1 SEJARAH

source: www.banjoemas.com Setelah hampir 23 tahun lahir dan besar di kota ini, aku ngerasa perlu banget buat cerita tentang kota dengan julukan Kota Ngapak ini secara lebih mendetail disini. Dulu sebelum memutuskan untuk berkuliah di luar kota dan akhirnya meninggalkan jejak di kota lain selama hampir 4 tahun akhirnya bisa ngerasain yang namanya “Kangen Kota Kelahiran”, karena semewah dan semenarik apapun kota perantauan, masih tetap ngangenin kota sendiri. Okay kali ini aku akan cerita kota Purwokerto dari sisi sejarahnya dulu. Nama Poerwakerta atau Purwakerta diambil dari kata "Purwa" yang konon diambil dari nama sebuah negara kuna di tepan Sungai Serayu "Purwacarita" yang bermakna "Permulaan" dan "Kerta" yang diambil dari nama ibukota kadipaten "Pasir" yaitu "Pasirkertawibawa" yang bermakna "kesejahteraan" sehingga Poerwakerta bermakna Permulaan Kesejahteraan. Kota ini merupakan salah satu ko

Cerpen : MATEMATIKA ?? Aaarrrgghhh !!!

MATEMATIKA ?? Aaarrrgghhh !!! “Mami udah berapa kali bilang sama kamu. Belajar !, Belajar !, Belajar !. apalagi kalo ulangan, kamu harus lebih giat lagi”. Inilah kata-kata pertama yang Mami ucapkan sesaat setelah aku masuk ke dalam mobil. Dan aku langsung meyakini bahwa ini adalah sebuah prolog untuk sebuah cerita yang panjang dan berakhir dengan ‘sad ending’ . “Ulangan matematika dapet 5, kamu gak bosen apa tiap kali ulangan matematika dapet ‘doremi’ ?” lagi belum sempat aku menjawab. “Mami harus gimana lagi nak, les matematika udah, guru privat juga udah, buku-buku matematika udah berjibun Mami beliin di rumah. Kurang apalagi coba ?. Ooh, apa Mami harus bawa kamu ke Psikiater biar kamu bisa pelajaran matematika ?” semua omelan mengucur deras dari mulut Mami. Dan aku udah gak bisa nahan untuk gak jawab, apalagi untuk kata-kata terakhir Mami tadi. “Aduhh!, Mami lebay banget siy sampe segitunya. Lagipula Ran ada peningkatan kok Mam, buktiny